Ladang Panjang Jadi Kampung Tangguh COVID19

Gambar
Dalam upaya mengantisipasi mewabahnya Corona Virus Desease (COVID 19) yang beberapa bulan terakhir ini melanda dunia, indonesia dan bahkan juga sampai di desa-desa,  perkampungan pelosok negeri.  Dampak dari meluasnya penyebaran covid 19 sangatlah dirasakan oleh masyarakat  yang ada di Desa-desa terutama dalam bidang perekonomian. tidak terkecuali warga Desa Ladang Panjang Kec/kab. Sarolangun provinsi Jambi begitu terkena dampaknya.  Jajaran Pemerintahan Desa, BPD, Pemuda Karang Taruna dan di bantu tokoh masyarakat Desa Ladang Panjang, bergerak cepat untuk mengantisifasi kemungkinan terus berlanjutnya Covid 19, dengan menjadikan Desa Ladang Panjang sebagai Kampung Tangguh Nusantara Covid 19 Program ini merupakan usulan dari Bapak Kapolsek Kota sarolangun melalui Babimkamtibmas.  Salah satu program kegiatan yang di buat adalah penyediaan bahan makanan atau Lumbung Pangan yang di beri nama  kawasan Rumah Pangan Lestari.  Akhmad Muslim. Skm, Pj Kepala Desa Ladang Panjang saat di temui o

Kearipan Lokal dan Kreatifitas Tanpa Batas Membangun Desa Oleh Pemuda/I

 Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi masyarakat Desa ketika datangnya Hari Raya Idul Fitri untuk mengadakan sebuah acara, baik itu berupa perlombaan, Musabaqoh, panjat pinang, halal bihalal dan lain sebagainya. Namun kesemuanya itu mempunyai satu tujuan yaitu hanya untuk memeriahkan Hari Raya idul fitri, menjalin silaturrahmi bersama sanak saudara, kerabat dan juga menjadi ajang pencarian bakat bagi putra-putri terbaik desa.
  Dengan banyaknya kegiatan acara itu, juga sebagai daya tarik tersendiri bagi kerabat-kerabat jauh untuk pulang kampung ke desa, bernostalgia sesama teman-teman sekolah, bertutur runut tali darah keturunan. dengan begitu akan bertambah saudara yang semulanya tidak saling kenal, bertukar alamat pun juga di lakukan.
  Dari semua kegiatan acara tersebut ada salah satu acara yang sangat menarik di adakan oleh pemuda/i Desa khususnya di Desa Ladang Panjang yaitu acara Pementasan Drama, atau bisa di kategorikan seperti Teater Desa. Yang mana acara ini di laksanakan di atas pentas (panggung) dan penontonnya berada di ruang terbuka, mereka menampilkan kisah atau cerita keseharian masyarakat yang di kemas sebaik mungkin seperti di dunia nyata.
  Terkadang juga, alur ceritanya mengambil dari peristiwa-peristiwa dalam agama, seperti yang baru saja di langsungkan pada idul fitri tahun 2019 yaitu dari peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW di lahirkan, yang berkisah tentang Raja Abraha yang ingin menghancurkan ka'bah.
   Acara pementasan drama ini semua aktor/aktrisnya berasal dari pemuda/i desa, dengan berpenampilan seperti tokoh aslinya serta suasana panggung yang juga mirip dengan situasi aslinya.
  Sesekali diantara adengan demi adegan dalam drama ini di isi dengan tarian  dan penampilan dari anak-anak desa, yang di ibaratkan sebagai iklan atau acara selingan.
   Pada umumnya seluruh masyarakat Desa sangatlah menanti-nanti acara drama ini, bahkan belum lengkap rasanya lebaran Idul Fitri tanpa pementasan Drama ini.
  Mudah-mudahan acara seperti ini akan terus ada dan berkembang. Tidak akan hilang di makan waktu dan perubahan zaman.
  Acara seperti ini juga menjadi rekomendasi bagi daerah lain untuk memeriakan idul fitri.
   
Foto
*para pemain dan panitia
*cuplikan acara drama
*untuk menonton videonya dapat dilihat di youtube pada akun (Budak dusun. Com dan Kampungku Halamanku)

#andeslap
#budakdusun
#kampungkuhalamanku
GRATIS Kalau anda punya acara/event/kabar/berita dan ingin di muat dalam blog ini silahkan kirim ke email abdul02halim@gmail.com dan klik Kolom Langganan diatas agar dapat Info Terbaru

Komentar

Popular Posts

Bacaan Bilal Sholat Tarawih

BPD terpilih terancam gagal dilantik

Beradu Kambing Avanza VS CRV Di Desa Ladang Panjang